Unsur-Unsur Logam Alkali

KALIUM

Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. Ditemukan oleh Davy pada tahun 1807, yang didapat dari caustic potash (KOH). Ini logam pertama yang diisolasi melalui elektrolisis.

Logam ini merupakan logam ketujuh paling banyak dan terkandung sebanyak 2.4% berat di dalam kerak bumi. Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golongan Alkali. Kalium sangat lunak, dan mudah dipotong dengan pisau dan tampak keperak-perakan pada permukaan barunya. Unsur ini juga mudah terbakar pada air. Kalium dan garam-garamnya memberikan warna ungu pada lidah api. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara, sangat reaktif terutama dalam air, dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. Dalam bahasa inggris, Kalium sering disebut Potassium.

Secara alami, kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. Kalium juga dapat diperoleh melalui proses elektrolisis hidroksida. Metoda panas digunakan untuk memproduksi kalium dari senyawa-senyawa kalium dengan CaC2, C, Si, atau Na.

Manfaat terbanyak untuk kalium adalah untuk pupuk. Kalium merupakan bahan penting untuk pertumbuhan tanaman dan ditemukan di banyak tanah. Selain itu juga banyak manfaat Kalium lainnya, simak lanjutannya..

Manfaat Kalium

1. Mengatur Keseimbangan Elektrolit Dalam Tubuh

Mengapa di sebut dalam mengatur keseimbangan tubuh?

Karena di dalam tubuh manusia terdapat Potasium dan kebanyakan terdapat didalam organ saluran pencernaan. Di dalam tubuh, kalium bekerja sama dengan natrium dan sodium dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit.

Potassium.JPG

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan kalium dalam sejumlah makanan,yaitu susu,kacang-kacangan,daging,tomat,bayam dan masih banyak jenis makanan lain.

Potassium ini juga terdapat di pisang, berikut penjelasannya..

2.Pisang dan Kalium

Pisang adalah sumber potasium alam. Kalium penting bagi tubuh manusia karena membantu menjaga cairan tubuh dan elektrolit keseimbangan dalam sel-sel tubuh dan membantu dalam pengaturan tekanan darah.
Penelitian juga menyatakan bahwa kalium dapat membantu dalam meningkatkan kewaspadaan seseorang. Namun, perlu dicatat bahwa jumlah potasium yang berlebihan menyebabkan penurunan aktivitas otot jantung.
Pisang sumber vitamin dan mineral. Pisang mengandung vitamin A yang penting untuk pengembangan jaringan khusus di mata. Hal ini juga sangat penting bagi pertumbuhan kulit dan kerangka jaringan lunak. Vitamin B juga hadir dalam bentuk Thiamine, Riboflavin, Niacin, dan Folic asam. Ini membantu dalam menenangkan sistem syaraf. Pisang juga memiliki sejumlah kecil vitamin C di dalamnya.
Pisang juga penting untuk menjaga tingkat cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Jadi, pisang dapat membentuk bagian penting dari diet bagi orang yang menderita diare.

Besi ditemukan dalam pisang dapat membantu dalam pembuatan hemoglobin, sehingga buah pisang ideal untuk orang-orang yang menderita anemia.

3.Manfaat Untuk Tanaman

Manfaat kalium dalam tanaman memberikan pengaruh positif yaitu dapat mempengaruhi aktifitas enzim. Organ stomata dalam tumbuhan, serta dapat membuat  tanaman memilki daya tahan yang cukup lama dari beberapa penyakit dalam tanaman,tetapi jika kalium terlalu banyak di konsumsi tanaman, maka bisa membuat tingkat keasaman tanah sangat tinggi.

About Adam

Creative Name for Creative Man View all posts by Adam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: